KEPULAUAN TELUK TOMINI 7H 6M-LOB

Paket Eko Wisata live on Board di kepulauan Teluk Tomini- sulawesi-indonesia

Rute : Gorontalo-togean islands-luwuk banggai

berangkat setiap hari dari Gorontalo atau luwuk.

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik,teluk tomini diapit oleh tiga provinsi, yaitu provinsi Gorontalo,sulawesi tengah togean islands dan luwuk banggai) dan sulawesi utara (buyat).Terdapat sekitar 300 an pulau yang indah di teluk tomini, gugusan pulau pulau cantik itu tersebar sebagian berada di Gorontalo,togean dan luwuk banggai, Ditengah teluk tomini terdapat 1 buah gunung api di pulau Una una yang masih aktif,kepulauan togean atau togian islands adalah kepulauan yang berada ditengah teluk tomini.

150814110832_banggai_central_sulawesi_640x360_ekoandik

Deskripsi oleh: Henra the Sailor (local tour guide)

photo: on source

Teluk ini bersinggungan berbatasan dengan tiga wilayah provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Bappeda Sulteng mencatat bahwa teluk ini memiliki luas perairan kira-kira 59.500 Km2. Perairan Teluk Tomini di Provinsi Sulawesi  Tengah mempunyai panjang  garis pantai sekitar 1.179 km, sedangkan Provinsi Sulawesi Utara sepanjang 784,94 km; dan Provinsi Gorontalo sepanjang 436,52 km. Teluk yang dilewati garis khatulistiwa ini berada pada posisi yang strategis sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle).

keindahan pulau pulau dan pantai pantai berpasir putih yg sepi dengan air yg jernih bagai berlian,terumbu karang/taman laut,hutan hujan tropis yg masih alami serta keunikan budaya tradisional masyarakat lokal membuat perjalanan wisata anda seperti kembali ke zaman purbakala,dimana alam masih seperti aslinya,menyatu dengan manusia.

SAM_0895SAM_0496sanctum-una-una-eco-dive-1whale shark gorontalo 3

keaneka ragaman hayati bawah lautnya dan hutan nya merupakan laboratorium riset dunia, Ikan yang berada di teluk ini meliputi yellowfin tuna, cakalang, tongkol, layang, kembung, selar, tembang, lemuru, kakap, kerapu,napoleon wrasse,whale shark,hiu,pilot whale,orca,,eagle ray,stingray,lumba lumba,octopus,parot fish,mola mola,baracuda dan satwa muck .

Sedangkan spesies endemic  di hutan hujan tropis diteluk ini meliputi kera sulawesi (Macaca heki/niagra,tegeanese),penyu sisik, kima raksasa (Tridacna gigas), penyu, burung rangkong sulawesi,kingfisher sulawesi, elang laut, anoa (Bubalus depressicomis), babi rusa (Babyrouse),burung maleo (Macrocephalon maleo), kera mini (Tarsius spectrum), ikan purba raja laut (Coelacanth).

10409253_366181883536843_1323743585875067466_nbird-hornbill-sulawesi-gorontalomacaca-hecki-gorontalo

Sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle), Teluk Tomini bukan semata merupakan asset dari warga yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo, namun juga asset nasional indonesia bahkan dunia. Keberadaan terumbu karang dan hutan bakau yang terjaga; serta ekosistem daerah aliran sungai yang bermuara ke teluk terpelihara dengan baik, akan dapat membuat ikan dan biota laut lainnya berkembang secara berkelanjutan.

Sosiology dan Tradisi

Suku suku yg terdapat di teluk tomini cukup beragam,teluk tomini merupakan pertemuan dan lintasan suku suku yg ada di sulawesi,seperti suku Gorontalo,togean,tojo ampana,suku saluan,balantak,parigi,suku tomini,suku bolaang mongondow,poso ,suku Bugis-Makassar dan suku bajo. setiap suku memiliki memiliki bahasa tersendiri dengan sistem kepercayaan dan budaya masing masing, rumpun bahasa yg digunakan masuk dalam rumpn bahasa austronesia, kepercayaan animisme dan shamanisme menjadi ciri khas dari suku suku ini,walaupun mayoritas suku suku ini beragama islam dan sebagian kecil kristen.

baju-adat-gorontalo-utarasuku bajo gorontalo bajau

LIVE ON BOARD

pada trip kali ini kami mencoba  perjalanan wisata dengan menggunakan kapal layar khas sulawesi (phinisi), perjalanan wisata seperti ini tentu saja sangat berbeda jauh dengan pejalanan wisata pada umumnya, perasaan,pengalaman dan keindahan alam yg dilewati selama diatas kapal merupakan sebuah sensasi yg spesial yg sangat sulit kita dpatkan dengan siste perjalanan wisata lain nya,

dengn akses laut kita akan lebih rilex dalam meng explore destinasi destinasi yg di kunjungi, tak akan ada strees dengan booking kamar,transfer mobil,transfer perahu antar pulau,pusing dan sesak napas dengan kepadatan di jadwal kapal ferry, dan dan hal lain nya yg menggangu kualitas liburan anda, sayang sekali apabila liburan anda tidak bahagia.

berinteraksi dengan alam mengunakan kapal pribadi akan lebih tenang dan nyaman, dari laut semua keindahan alam akan terlihat dengan jelas dan bebas tanpa batas…

dengan kapal pribadi kita bisa mendarat dan berlabuh dimana pulau dan pantai indah kita jumpai, asyik kan…

berlibur menggunakan kapal kita telah mengurangi jumlah bangunan di pulau pulau yg indah, karna sangat di sayangkan banyak pulau pulau indah dan pantai di indonesia telah dijejeri bangunan bangunan resort yg merusak sifat alaminya, merusak ecosistem keaslian pulau, mungkin tidak lama lagi semua pulau dan pantai di indonesia akan menjadi seperti kota dengan jumlah bangunan resort dan hotel yg padat, sangat menggangu pemandangan alam.

semoga surga indonesia tetap terjaga keaslian nya di muka bumi.

salam dari laut..

Henra the sailor (personil Traveling Sulawesi.)

pinisi

itenerary :

Rute : 2 malam explore pulau pulau dan tempat yg indah dan unik di Gorontalo, 3 malam explore pulau dan desa di kepulauan Togean dan 1 malam explore pulau pulau di Luwuk banggai.

Model trip : island hoping,snorkling trip, explore budaya lokal,explore hutan dan satwa endemik sulawesi,diving,tinggal di kapal dan tenda di pantai pulau sepi.

untuk info lengkap dan detail silahkan kontak kami di email : travelingsulawesi@gmail.com

www.travelingsulawesi.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2018: TRAVELING SULAWESI | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress