PULO CINTA Safari 5H 4M

Safari ke Pulocinta- Gorontalo 5 hari 4 malam.

Tulisan & photo oleh: Ramadh W ( Nature Guide/ Photografer Gorontalo Wildlife ).

note: sebaiknya kedatangan di Bandara Gorontalo ambil kedatangan pagi hari atau paling lambat jam 10-an pagi agar lebih banyak waktu explore pulo cinta dan sekitar nya.

Hasil gambar untuk pulo cinta
pulocintasaronde

*****
Pulocinta island adalah sebuah pulau pasir putih yg di kelilingi oleh terumbu karang dengan air laut yg jernih, pulau ini bagian dari gugusan pulau pulau yg terdapat di Provinsi Gorontalo bagian selatan (kepulauan Gorontalo) .

Gugusan pulau pulau tropis yg indah dan tanpa penghuni ini terletak di Gorontalo bagian selatan,tepatnya di teluk Tomini,teluk tomini merupakan salah satu teluk tersubur di dunia,teluk ini menjadi rumah bagi terumbu karang dan berbagai macam spesies dunia bawah laut.

terdapat 123 pulau tropis di Gorontalo salah satunya pulo cinta. dari 123 pulau hanya 2 pulau yg berpenghuni yaitu pulau Torosiaje dan pulau Ponelo, dan 2 pulau lain nya telah di bangun resort (pulocinta dan Pulau saronde,keduanya menggunakan sistem Eco Resort) dan sisanya 119 pulau kosong tak ber penghuni,pulau pulau ini membisu dengan keindahan pasir putihnya,jejeran pohon kelapa dan terumbu karangnya.

Pulocinta island merupakan pulau unik,di pulau ini hanya terdapat pasir saja,tidak ada pepohonan dan pulau ini di kelilingi oleh terumbu karang yg lumayan indah,sangat cocok untuk wisatawan asing berjemur karna Pulocinta island sangat dekat dengan garis khatulistiwa yg melintasi laut Gorontalo,pulau ini tidak terkena ombak karna benteng terumbu karang yg mengelilinginya. Di dunia tidak banyak pulau seperti ini. Pada musim tertentu tumpukan pasir di pulau ini terlihat berbentuk love (model hati) karna arus air laut yg berputar,sebuah lukisan dan kreasi alam yg luar biasa.

Wisata berbasis Konservasi di Gorontalo.

pulau pulau ,pantai ,taman laut dan hutan di Gorontalo telah masuk dalam status Konservasi,statusnya masuk dalam cagar alam dan taman nasional, banyaknya organisasi konservasi di Gorontalo cukup membantu pelestarian alam di Gorontalo tetap terjaga dan lestari, pihak investor dan masyarakat tidak sembarang dan seenaknya membangun bangunan di lokasi lokasi yg ter konservasi itu.

hal inilah yg membuat turis mancanegara atau wisatawan domestik agak kesulitan mengakses surga surga alami yg indah di Gorontalo,karna harganya cukup mahal untuk para backpacker dan izin masuk yg sangat ketat,sehingga keindahan alam Gorontalo jarang ter ekspose dan di ketahui orang.

Kondisi ini tentu saja sangat baik,karna alam di Gorontalo tetap terjaga dari orang orang yg tidak mempunyai dan peduli dengan lingkungan alam indonesia. Sebagian orang beranggapan bahwa wisata hanyalah persoalan bisa mendatangkan devisa,namun wisata yg dibangun tanpa menggunakan aturan lingkungan dan berwawasan ekologi akan sangat merusak destinasi indah dan alami itu sendiri,serta menggerus kebudayaan lokal setempat yg terkadang menimbulkan benturan dan resistensi.

Hal positiv dari ketatnya aturan konservasi di Gorontalo membuat Destinasi destinasi di Gorontalo sangat unggul di bandingkan daerah lain nya,karna masih sangat alami dan liar,ditambah lagi topografi ekologi Gorontalo yg memang sudah indah secara landscape nya. Banyak para photografer dan peneliti yg menjadikan area Gorontalo sebagai laboratorium nya.

Banyaknya organisasi Konservasi di Gorontalo sangat menjaga dan memproteksi alam di wiliyah ini, ditambah lagi budaya dan sistem adat masyarakat di Gorontalo bagian pedesaan yg masih menghormati alam menambah daya proteksi lingkungan di area ini.

laut,hutan,gunung,sungai,batu,tanah,pohon dan hewan tertentu di yakini oleh masyarakat adat Gorontalo sebagai tempat asal muasal kehidupan dan penunjang kehidupan itu sendiri, walau kini perlahan budaya dan sistem adatnya mulai tergerus oleh zaman,industri,urbanisasi dan kebijakan ekonomi politik yg unecology.

Apabila anda ingin merasakan Suasana Alam yg masih alami dan liar,datanglah di Gorontalo.

*************

itenerary Trip :

Cooyright By : Gorontalo Wildlife.

Hari 01.

Trip ini akan di pandu langsung oleh Ramadh W (Nature Guide dan Travel Photografer).

Di jemput bandara,di transfer dengan mobil ke dermaga Pulocinta,perjalanan ke dermaga pulocinta sekitar 1,5 jam menyusuri perbukitan hijau,mata anda akan dimanjakan gunung gunung dan lembah permadani hijau nan subur,

Tiba di dermaga,menyebrang dengan speedboat ke Pulocinta sekitar 30 menit. Tiba di pulocinta,menikmati suasana pulocinta,jalan jalan dan explore pulau ini,berjalan di jembatan kayu yg menyehatkan dengan udara segar ,langit yg biru tanpa polusi,anda bisa juga berenang ataupun snorkling di pantainya dan  di taman lautnya.

Pulocinta island.

 

 

 

Dari pulocinta kita kemudian melompat ke pulau Camar,sebuah pulau pasir timbul yg indah,pasir putihnya halus dan bersih,air latnya jernih berwarna hijau tosca, explore pulau ini merasakan alam bebas ditengah laut ,kita akan snorkling di taman lautnya.makan siang di pantai pulau ini.

Dari pulau camar kita kemudian melompat ke pulau Savana,sebuah pulau kosong dengan rumput rumput savana nya,explore pulau ini,photo explore. Suasana dan pemandangan di pulau ini cukup unik.

Pulau Camar.

Kemudian kita lanjut menuju desa suku bajo laut,di pulau bajo,rumah rumah didesa ini berada diatas laut dan sebagian masih terbuat dari kayu,suku ini merupakan suku laut yg pada awalnya nomaden di laut,berpindah pindah di lautan,hidup dalam perahu,suku bajo sangat sulit lepas dari laut,suku ini mayoritas hidup dari kegiatan melaut atau bertahan hidup dengan mencari ikan,sebuah kehidupan yg cukup unik. Suku ini mulai menetap di pesisir dekat daratan pada awal tahun 1901,sebelumnya mereka hidup bergerombol dengan perahu di lautan.kita akan explore desa ini,melihat aktivitas keseharian nya.

Dari desa bajo kemudian ditransfer ke Pulau Saronde,check in di Resort Pulau Saronde,menikmati alam bebas di pulau ini,di pulau ini panjang pantai pasir putihnya sekitar 1 kilometer,terdapat banyak pohon cemara dan kelapa di pulau ini. Sore hari menyaksikan sunset, makan malam, istirahat…

Hari 02.

Udara pagi,sunrise,suara burung burung di pulau Saronde yg sepi.

Pulau Saronde.

pulau saronde gorontalo sulawesi

pulau saronde

 

Cottage/bungalow di Pulau Saronde.

pulau saronde resort islands

resort pulau saronde islands

 

pagi sekitar jam 7:30, setelah itu kita akan island hoping ke pulau Lampu,sebuah pulau kelapa dengan pasir putihnya yg halus bagai tepung,air lautnya keren abis bro,jernih berwarna hijau tosca bercampur biru tosca,gila abis deh di pantai pulau ini,kalau kita jalan dipantainya serasa kaki kita di theraphy oleh halusnya pasir pantai. Panjang pasir putihnya cukup lumayan,hampir 1 kilometer juga,di pulau ini terdapat bukit batuan lahar purba berumur jutaan tahun,pulau ini juga merupakan pulau terluar yg berbatasan langsung dengan filipina. Setelah excplore pulau ini kita akan snorkling di taman lautnya yg keren dan banyak ikan.
Pulau Lampu.

Dari pulau lampu kita melompat ke pulau Bogisa,pantai pulau ini sangat unik,modelnya menjulur ke laut,air disekitasr pantainya berwarna hijau dan biru tosca, kitas akan snorkling di taman lautnya,terumbu karangya cukup sehat dan berwarna warni. Makan siang di pantasi pulau tak berpenghuni ini.

Pulau Bogisa

Sunset di pulau Saronde.

 

Setelah itu kita keliling mencari Lumba lumba..,sore hari kembali ke resort di pulau saronde,sunset program…,makan malam,kemudian menyaksikan bintang bintang dan milkyway.

Hari 03.

Makan pagi,sekitar jam 8 pagi island hoping ke pulau Mohinggito,pulau kelapa yg sepi, snorkling di taman lautnya yg indah, terumbu karangnya sangat sehat dar berwarna warni,terdapat banyak barier reef dengan bunga bunga karang yg indah dan sehat,cukup banyak ikan di reef ini.taman lautnya cukup luas.

Pulau Mohinggito.

Kemudian kita melompat ke pulau Lahar,sebuah pulau batu yg merupakan batuan lahar purba.kemudian keliling mencari lumba lumba.

Pulau Lahar. (Pulau ini merupakan Lokasi Penelitian Geologi internasional)

Jam 13:00 kembali ke resort,makan siang di resort,free program,santai bermalas malasan dan rilex di pantai pulau saronde,sore hari sunset program bersama kopi panas, makan malam, api unggun…

Hari 04.

Makan pagi, jam 09:00 check out resort,di transfer ke dermaga,kemudian menuju ke kota gorontalo (2 jam dengan mobil) dimana terdapat taman laut ikan raksasa Hiu Paus (whale shark). Tiba di hotel sekitar siang hari.

Check in Hotel di kota gorntalo Makan siang Sekitasr jam 12:30 Snorkling trip dengan Hiu paus.

whaleshark hiu paus gorontalo

whale shark gorontalo

 

Balik ke hotel untuk mandi. Setelah itu kita akan singgah di danau limboto,sebuah danau tekto-vulkanik purba yg luas dan indah,terdapat air panas di danau ini,kita akan explore danau purba ini dan menyaksikan sunsetnya yg cukup unik dan spektakuler. Danau ini sangat mistis bagi orang lokal setempat,danau ini mempunyai banyak kisah dasn menjadi salah satu penopang air untuk pertanian masyarakat di kota Gorontalo. Danau ini berbentuk kaldera pegunungan,makan malam,istirahat.

Danau Limboto (danau tekto-vulkanik)

Sunset di danau Limboto.

danau limboto lake

sunset danau limboto lake

Hari 05

Pagi hari jam 4 ,kita menuju ke pegunungan Tilong Kabila (taman nasional Bogani naniwartabone) ,tepatnya di puncak Dulamayo untuk menyasksikan sunrise Negeri diatas awan,daerah ini cukup dingin karna berada di ketinggian.sunrise di pegunungan ini sangat indah dan jernih.kita akan merasakan atmosfir pegunungan tektonik khas kepulauan sulawesi.

 

Setelah explore photo negeri awan,makan pagi dengan latar alam pegunungan tektonik yg hijau. Balik ke hotel,

puncak dulamayo gorontalo

dulamayo gorontalo

check out,diantar ke tempat ole ole khas Gorontalo,kemudian menuju bandara…,dan selesailah trip Safari bersama kami.

Terima kasih,salam Lestari,sampai jumpa lagi.

*****

Harga paket Trip:

Rp 4.000.000/orang (4-6 orang).

Rp 5.500.000/orang (2-3 orang).

Include/harga sudah termasuk:

-antar jemput bandara pp (private).

-room/cottage di pulau Saronde 3 malam.

-speedboat transport dan kapal trip (private).

-mobil transport (private).

-makan 3x sehari selama trip berlangsung.

-retribusi di Pulocinta.

-retribusi tempat wisata.

-internasional Tour guide ( ecotourism Nature Guide).

-alat snorkling,guide snorkling.

-pajak dan Donasi Konservasi.
Exclude/harga tidak termasuk:

Tiket pesawat,laundry,minibar,diving dan keperluan belanja pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2018: TRAVELING SULAWESI | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress